Jumat, 07 Juni 2013
0 komentar

Video : Kecepatan Kereta Api Jepang ‘Maglev’ Tembus 500 km/jam

Maglev (Magnetic Levitation), kereta api peluru jepang telah menjalani uji coba pertama kalinya dengan kecepatan mencapai 500 Km/jam.
Kereta ini tidak menggunakan roda melainkan menggunakan teknologi magnetic levitation. Rencananya kereta api super cepat ini akan mempunyai lintasan sendiri dari Tokyo ke Osaka pada tahun 2045, menghubungkan negara dari utara ke selatan. Dengan Maglev, perjalanan dari Tokyo ke Osaka yang sebelumnya membuatuhkan waktu 90 menit akan berkurang menjadi 40 menit saja. Untuk biaya pembuatan lintasan sendiri diperkirakan membutuhkan dana 64 miliar dolar.
maglev 2 Kecepatan Kereta Api Jepang Maglev Tembus 500 km/jam
maglev 3 Kecepatan Kereta Api Jepang Maglev Tembus 500 km/jam
Kereta Maglev menggunakan magnet untuk mengangkat gerbong di atas trek, tidak menggunakan roda, sehingga tidak ada gaya gesek antara roda dan rel. Dengan teknologi ini memungkinkan kereta bisa melaju lebih cepat.
Untuk melihat kereta saat ngebut di menit ke 03:55
China adalah negara pertama yang mempunyai layanan kereta api Maglev. Shanghai Maglev dibuka untuk umum pada Januari 2004, dengan kecepatan mencapai 431 km/jam. Dibutuhkan dana sebesar 1.3 miliar dolar untuk membangun trek yang relatif pendek.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer
Top